PASCASARJANA UR

PENJAMINAN MUTU

PASCASARJANA  SEBAGAI PENJAMINAN MUTU

            Berdasarkan keputusan rektor Universitas Riau Nomor : 302/H19/AK/ 2009 tanggal 26 Juni 2009, pada bab II pasal 2 menyatakan bahwa (1) Program Pascasarjana merupakan unsur pelaksana akademik pada Universitas; (2) Program Pascasarjana meliputi Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3). Pada pasal 23  menyebutkan (1) Baku mutu penyelenggaraan Program  Pascasarjana ditetapkan oleh Program Pascasarjana; (2) Program Studi wajib melaksanakan rapat evaluasi penyelenggaraan Program  Pascasarjana pada tiap semester dengan seluruh dosen; (3) Program  Pascasarjana wajib melaksanakan rapat evaluasi penyelenggaraan Program  Pascasarjana pada tiap semester dengan seluruh Ketua Program Studi; (4) panduan baku pedoman penulisan tesis dan disertasi diterbitkan oleh Program Pascasarjana; (5) Prosedur dan persyaratan pengajuan proposal penelitian, ujian kualifikasi (khusus program Doktor), pembentukan komisi pembimbing, ujian proposal (seminar usulan penelitian), seminar hasil penelitian, tatacara penulisan, uji kelayakan tesis dan disertasi dan ujian akhir serta ketentuan lain terkait dengan penyelesaian tugas akhir mahasiswa diatur tersendiri dengan panduan tesis dan disertasi yang ditetapkan oleh Program Pascasarjana.

     Sebagai implementasi keputusan rektor tersebut, program pascasarjana melakukan serangkaian kegiatan diantaranya;workshop penyempurnaan peraturan akademik program magister (S2) dan program doktor (S3).

 

KEGIATAN WORKSHOP

            Dalam Upaya penyempurnaan peraturan akademik di lingkungan Program Pascasarjana Universitas  Riau yang terdapat dalam buku   Pedoman Akademik yang merupakan jabaran dari Keputusan Rektor Universitas Riau Nomor : 92/J19/AK/2003 termasuk turunan Keputusan Rektor Universitas Riau Nomor: 55/J19/AK/2003.

            Untuk itu, dirasa perlu dilakukan perubahan, dalam rangka perubahan tersebut Program Pascasarjana melakukan  kegiatan workshop, dimana output dari workshop ini dapat melahirkan peraturan-peraturan yang baik dan terarah serta mengayomi masing-masing Program Studi Magister dan Doktoral.

            Workshop ini diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal  11 Januari 2012 bertempat di Gedung Rektorat Universitas Riau. Peserta Workshop berjumlah 40 (empat puluh) orang, terdiri  dari Pembantu Rektor I Universitas Riau, Pimpinan Pascasarjana (Direktur dan Asisten Direktur I, II), Kepala Biro Administrasi Akademi dan Kemahasiswaan Universitas Riau, Kabag dan Kasubag Akademik, Staf Ahli Pembantu Rektor Bidang Akademik, Ketua  Program Studi dan Sekretaris Program Studi,  10 (sepuluh) orang perwakilan Dosen tetap program studi dan Tim Taskforce Penyusunan Peraturan Akademik serta staf akademik Program Pascasarjana Universitas Riau. Sumbangan pikiran yang dituang oleh para pakar dan ahli bidang akademik dan tata laksana penyunan  tesis dan disertasi,dibahas secara alot oleh para peserta workshop.Untuk lebih terarahnya pelaksanaan  workshop, maka para dikelompok dalam bentuk komisi-komisi pembahasan. Dalam pelaksanaan workshop, upaya percepatan pembahasan perubahan peraturan akademik, maka dibentuk komisi-komisi yang masing-masing memiliki tugas sesuai dengan ruang lingkup dan keahliannya.

Rapat komisi pembahasan Pedoman Akademik Program Pascasarjana Universitas Riau  pada workshop

tanggal 11 Januari 2012