PASCASARJANA UR

Selayang Pandang

Pendidikan Pascasarjana Universitas Riau dirintis sejak Tahun 1996 terjalinnya kerjasama dengan berbagai Universitas, antara lain Universitas Padjajaran (UNPAD), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Andalas (UNAND) untuk berbagai Program Studi Magister (S2) dan Doktoral (S3).

Mulai tahun 2002 Pendidikan Pascasarjana Universitas Riau memperoleh ijin penyelenggaraan Program Magister (S2) secara mandiri, dan hingga saat ini (Tahun 2013) Universitas Riau telah memiliki 14 Program Studi Magister (S2) dan 1 (satu) Program Doktor dan sebagian Program Studi telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN). Disamping itu, terdapat 6 program studi dalam proses pengusulan ijin ke Dikti dan diharapkan pada tahun 2014 Progam Pascasarjana Universitas Riau memiliki lebih dari 20 (dua puluh) Program Magister dan 2 (dua) Program Doktor.

Sejak awal berdiri sampai saat ini telah menghasilkan lulusan sebanyak 1.517 alumni (wisuda ke 27 tgl 27 Februari 2013) yang tersebar di berbagai instansi pemerintah dan swasta yang memegang peranan penting diberbagai instansi pemerintah maupun swasta, antaranya menjabat sebagai Bupati, Walikota, Anggota DPRD, Kepala Dinas, Kepala Badan dan Pimpinan di perusahaan BUMN dan Swasta.

Sejalan dengan visi Universitas Riau, maka Program Pascasarjana Universitas Riau dalam kiprahnya mengakomodir kebutuhan masyarakat dan bangsa dan Negara untuk menghasilkan tenaga-tenaga profesional yang memiliki kemampuan dan kualitas yang handal dengan penguasaan berbagai disiplin ilmu yang analitik, antisipatif, inovatif, kreatif dan mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia dan masyarakat Indonesia khususnya dan masyarakat dunia umumnya. Lulusan Progam Pascasarjana Universitas Riau, diharapkan mampu merencanakan, mengaplikasikan, dan mengevaluasi, secara cermat, keputusan yang menjadi tugas dan fungsinya, dan mampu merumuskan keputusan-keputusan dengan cermat yang sangat menunjang tugas dan fungsinya sebagai abdi negara, memiliki wawasan yang luas mengenai manajemen umum dan pemerintahan, birokrasi, juga memberikan keahlian untuk berpartisipasi dalam proses-proses pembuatan, pelaksanaan dan evaluasi pelaksanaan keputusan.

Kebutuhan akan ketersediaan Program riset khususnya dalam berbagai bidang ilmu yang dapat memberikan kontribusi dalam menjawab permasalahan masyarakat, bangsa dan negara, maka keberadaan Program Doktor (S3) merupakan salah satu prioritas utama sebagai potensi pengembangan riset secara terprogram dan berkelanjutan.

Dengan kualitas unggul manusia Indonesia yang mampu bertindak efisien, efektif serta berbudaya dan berbudi pekerti yang luhur, cerdik, dan berwawasan luas akan mampu mengelola perusahaan bertaraf nasional maupun internasional. Dengan Kurikulum yang lentur dan dinamis sehingga mampu mengantisipasi kebutuhan pasar dan menghasilkan tenaga-tenaga yang progresif dan profesional.