PASCASARJANA UR

MAHASISWA BARU S3

 

A.Persyaratan Umum

Yang dapat diterima sebagai Mahasiswa Program Doktor (S3) harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Berijazah magister (S2) jalur tesis dari program studi sebidang yang terakreditasi dengan IPK ≥ 3,50 atau persyaratan tertentu yang ditetapkan oleh Program Pascasarjana Universitas Riau.
  2. Bagi yang berijazah magister (S2) jalur tesis dengan IPK 3,00 – 3,49 dapat dipertimbangkan jika memiliki prestasi dan pengalaman dan memenuhi persyaratan tertentu yang ditetapkan oleh Direktur Program Pascasarjana Universitas Riau.
  3. Berijazah magister (S2) jalur tesis tidak sebidang dapat dipertimbangkan dengan persyaratan tertentu yang ditetapkan Program Pascasarjana Universitas Riau.
  4. Berijazah magister (S2) jalur nontesis dan program profesi sebidang dan setara dengan magister dapat dipertimbangkan dengan persyaratan tertentu yang ditetapkan Program Pascasarjana Universitas Riau.
  5. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan skor setara TOEFL 500.
  6. Memiliki nilai Tes Potensi Akademik (TPA) minimal 450; dan/atau memenuhi persyaratan tertentu yang ditetapkan Program Pascasarjana Universitas Riau.
  7. Tidak dinyatakan putus studi pada salah satu Program Studi Program Pascasarjana Universitas Riau atau Program Pascasarjana perguruan tinggi lain.
  8. Memasukkan Rancangan usulan penelitian untuk Disertasi minimal 12 halaman dan maksimal 20 halaman, yang terdiri atas pendahuluan, rumusan masalah, tinjauan pustaka, kerangka pikir, metode penelitian, hasil yang diharapkan, rencana waktu dan biaya penelitian; kecuali bagi mereka yang memilih jalur penelitian.
  9. Dinyatakan Lulus ujian seleksi masuk Program Pascasarjana Universitas Riau.
  10. Lulusan program magister Universitas Riau jalur tesis dengan predikat cumlaude dapat melanjutkan pendidikan di Program Pascasarjana Universitas Riau dalam ilmu selingkup tanpa melalui ujian masuk, tetapi harus memenuhi persyaratan seperti yang diatur pada point 1 s/d  9  di atas dan umur ijazah tidak lebih dari 3 (tiga) tahun.
  11. Khusus peserta program doktor melalui jalur penelitian, selain persyaratan yang diatur pada point  1 s/d  9 di atas, juga wajib lulus ujian seleksi yang dilakukan oleh tim penilai khusus yang dibentuk oleh KPS.

 

B.Persyaratan Administrasi

Mengisi formulir pendaftaran dengan lampiran-lampiran sebagai berikut:

  1. Fotokopi ijazah yang telah disahkan atau diakreditasi bagi ijazah lulusan luar negeri (3 rangkap).
  2. Fotokopi transkrip yang telah disahkan (3 rangkap).
  3. Surat keterangan berbadan sehat dari Dokter.
  4. Melampirkan Biodata atau Curriculum Vitae.
  5. Surat rekomendasi kelayakan akademik dari 3 orang, minimal 1 orang guru besar, dan 1 orang yang mengetahui kinerja yang bersangkutan.
  6. Hasil tes bahasa Inggris dan kemampuan akademik.
  7. Dua buah karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah yang terakreditasi atau jurnal nasional yang memiliki ISSN bagi mereka yang memiliki IPK  ≥ 3,00 – 3,49.
  8. Surat izin dari atasan yang berwenang bagi pegawai negeri  sipil atau ABRI/Polisi dan karyawan.
  9. Bukti pembayaran biaya pendaftaran.
  10. Foto berwarna terbaru, berukuran 3 X 4 cm & 4 x 6 cm (3 lembar).

 

C.Seleksi Calon Peserta

  1. Kemampuan akademik calon yang dinilai sesuai dengan bidang studi yang dipilih, kelengkapan persyaratan, kemampuan berbahasa Inggris, TPA, penguasaan substansi dasar bidang ilmu, dan rencana kajian disertasi (sinopsis).
  2. Seleksi calon mahasiswa dilaksanakan oleh tim yang ditetapkan oleh Rektor atas usul Direktur Program Pascasarjana Universitas Riau.
  3. Rapat penentuan kelulusan dipimpin oleh Rektor atau pembantu Rektor I dan dihadiri oleh pimpinan Program Pascasarjana Universitas Riau (Direktur & Asisten Direktur), Dekan, dan Ketua Program Studi (KPS).
  4. Mahasiswa yang dinyatakan diterima ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Riau.
  5. Hasil seleksi disampaikan oleh Direktur kepada calon mahasiswa melalui surat penyampaian, pengumuman di papan pengumuman, dan website Program Pascasarjana Universitas Riau.
  6. Kelulusan hanya berlaku 1 (satu) kali pada tahun akademik pelaksanaan seleksi.
  7. Seleksi calon mahasiswa dilakukan 2 (dua) kali setahun, yaitu pada bulan Maret – Mei dan Oktober – Desember, kecuali hal-hal yang khusus diatur tersendiri oleh Rektor Universitas Riau.

 

D.Seleksi Calon Peserta Doktor Melalui Jalur Penelitian

  1. Calon mahasiswa melalui jalur penelitian yang lolos seleksi administrasi, kesesuaian bidang studi dan pemahaman substansi dasar bidang ilmu, diwajibkan menyajikan rencana penelitiannya di depan panel penguji yang ditetapkan oleh Direktur Program Pascasarjana Universitas Riau atas usul Ketua Program Studi.
  2. Pada saat mendaftar calon harus menyerahkan minimal 2 (dua) tulisan dari jurnal nasional terakreditasi atau 1 (satu) jurnal internasional bereputasi yang sudah dipublikasi.
  3. Panel penilai terdiri atas Ketua Program Studi, penilai metodologi 1 orang, dan penilai substansi 3 orang.
  4. Calon mahasiswa yang dinilai layak proposalnya untuk penelitian disertasi oleh panel penguji dinyatakan diterima sebagai mahasiswa program S3 jalur penelitian.
  5. Penetapan penerimaan mahasiswa program S3 jalur penelitian ditetapkan oleh Rektor.
  6. Calon mahasiswa yang proposal penelitiannya ditolak oleh panel penguji dinyatakan gugur.
  7. Calon mahasiswa yang dinyatakan gugur melalui jalur penelitian dapat diterima mengikuti program doktor jalur kuliah (reguler).