Hotline Pascasarjana 08117676199

Profil Singkat PPID Pascasarjana


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik atau non elektronik telah masuk ke dalam berbagai bidang kehidupan. Perkembangan tersebut menyebabkan segala unsur yang ada di dalam bidang tersebut harus mengikuti perkembangan yang ada. Begitu pula dengan komuniti utama dari perkembangan teknologi tersebut yaitu informasi. Informasi seakan sudah tanpa batas. Semua orang sudah bisa mengakses berbagai informasi dari berbagi sumber dan melalui media teknologi dan komunikasi yang berkembang.

Berkaitan dengan informasi, Badan Publik sebagai media layanan bagi masyarakat juga mengalami perkembangan yang cukup baik. Badan Publik yang dimaksud meliputi lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan badan lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara, yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan/ atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, atau organisasi non pemerintah sepanjang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan/atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, sumbangan masyarakat dan/ atau luar negeri.

Melalui lahirnya Undang-undang keterbukaan Informasi Nomor 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik adalah salah satu produk hukum Indonesia yang dikeluarkan dalam tahun 2008 dan diundangkan pada tanggal 30 April 2008 dan mulai berlaku dua tahun setelah diundangkan. Undang-undang yang terdiri dari 64 pasal ini pada intinya memberikan kewajiban kepada setiap Badan Publik untuk membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik untuk mendapatkan informasi publik, kecuali beberapa informasi tertentu.

Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/ atau diterima oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara, serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik. Pengelolaan Informasi Publik tersebut merupakan proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, pendokumentasian, pelaporan, dan pelayanan.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik atau non elektronik telah masuk ke dalam berbagai bidang kehidupan. Perkembangan tersebut menyebabkan segala unsur yang ada di dalam bidang tersebut harus mengikuti perkembangan yang ada. Begitu pula dengan komuniti utama dari perkembangan teknologi tersebut yaitu informasi. Informasi seakan sudah tanpa batas. Semua orang sudah bisa mengakses berbagai informasi dari berbagi sumber dan melalui media teknologi dan komunikasi yang berkembang.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang selanjutnya disingkat PPID adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di lingkungan PPID. Di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Riau, yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri dibawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melayani Pemohon Informasi Publik yang mengajukan permintaan Informasi Publik.


STRUKTUR ORGANISASI


SK PPID Pascasarjana

Tugas dan Tanggung Jawab


TUGAS PPID Pascasarjana UNRI: Merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pelayanan dan pengolahan informasi dan dokumentasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas RIAU yang dalam pelaksanaan tugas didukung oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pelaksana.

TANGGUNG JAWAB PPID Pascasarjana UNRI:

  • Penghimpunan informasi publik di lingkungan Pascasarjana Universitas RIAU;
  • Penyampaian Informasi publik yang diperoleh dari seluruh unit kerja di lingkungan Pascasarjana Universitas RIAU;
  • Pelaksanaan uji informasi publik untuk masuk dalam kategori informasi yang dikecualikan;
  • Penyediaan dan pemberian layanan informasi publik yang bersifat terbuka;
  • Penyelesaian sangketa pelayanan Informasi.
  • TUGAS PPID PELAKSANA (UNIT): Merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pelayanan dan pengolahan informasi dan dokumentasi di setiap Fakultas/Unit/Lembaga yang dalam pelaksanaan tugas didukung oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pelaksana.

    TANGGUNG JAWAB PPID PELAKSANA (UNIT):

  • Penghimpunan informasi publik di Pascasarjana;
  • Penyampaian Informasi publik yang diperoleh dari seluruh unit kerja di Pascasarjana;
  • Pelaksanaan uji informasi publik untuk masuk dalam kategori informasi yang dikecualikan;
  • Penyediaan dan pemberian layanan informasi publik yang bersifat terbuka;
  • Penyelesaian sangketa pelayanan Informasi.

  • Visi dan Misi


    VISI PPID Pascasajana UNRI : Mewujudkan keterbukaan informasi publik di bidang Riset, Teknologi, dan Pendidikan tinggi, untuk peningkatan layanan informasi publik di lingkungan Universitas Riau

    MISI PPID Pascasajana UNRI :

  • Memberikan pelayanan informasi yang akurat dan berkualitas sesuai dengan standar pelayanan
  • Membangun sistem informasi yang efektif, efisien, serta mudah diakses oleh publik
  • Meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia dibidang pelayanan dan pengelolaan informasi publik
  • Menyediakan fasilitas pelayanan informasi bagi publik