Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Pascasarjana Universitas Riau Semester Ganjil Gelombang I Tahun Akademik 2024/2025

Pelaksanaan Ujian Masuk Pascasarjana Universitas Riau berlangsung secara computer based test (CBT) dalam pelaksanaan ujian masuk program pascasarjana semester Ganjil Gelombang pertama  ini. Pelaksanaan tes CBT berlangsung di Kantor UPT TIK UNRI pada Selasa 26 Maret 2024.

Dalam ujian masuk gelombang pertama ini terjadi peningkatan animo jumlah pendaftar. Tercatat ada 135 pendaftar yang mengikuti seleksi gelombang pertama. Jumlah itu mengalami kenaikan lumayan banyak dibandingkan animo semester lalu.

Adapun gelombang pertama ini akan diumumkan pada 18 April mendatang. Kemudian gelombang kedua pendaftaran mulai dibuka 22 April – 27 Juni dan tesnya pada 10 Juli. Para calon mahasiswa yang lolos seleksi di masing-masing gelombang akan bersama mengikuti kuliah di bulan Agustus nanti.

Wakil Direktur Pascasarjana Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Yusmarini, S.Pt, MP menambahkan, calon maba tak hanya berasal dari Riau. “Ada juga pendaftar dari Aceh dan Jawa,” jelasnya.

Jumlah kuota pada masing-masing gelombang juga belum ditentukan. Sekretaris Pelaksana PMB Pascasarjana Unri, Syafril, SE, M.Ap menjelaskan, nantinya yang menentukan besaran kuota langsung dari pascasarjana. Biasanya menurut dia, kuota di masing-masing gelombang didasarkan pada besar kecilnya animo pendaftar.

Hasil monitoring yang dilakukan ke lokasi pelaksanaan ujian, dapat dilaporkan bahwa pelaksanaan ujian Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana Universitas Riau berjalan dengan lancar, aman dan tertib. (pr)